Wednesday, May 17, 2017

5 Hal yang Harus Dibawa Saat Sailing Komodo

Hai apa kabar? Masih menyambung tulisan sebelumnya, kali ini aku mau sharing tentang apa aja sih yang harus kita bawa selama Sailing Komodo? Buat yang udah pernah kesana, pasti ngerti banget kenapa kita harus memerhatikan beberapa hal dan untuk yang akan kesana, lumayan kan dapet referensinya hehehe..

Awalnya aku juga bingung harus bawa apa aja, apalagi ini adalah kali pertama aku kesana. Aku sempat tanya juga ke kakak temenku yang udah berapa kali kesana, dan aku buat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi setelah pulang dari Labuan Bajo.

1. Bawa tas berapa? Koper atau carrier?

Ini penampakan bawaanku hehe
Kalau kita liburan pasti pengen deh biar nggak ribet, barang-barang supaya ringkas dan mudah untuk dibawa. Aku termasuk yang paling malas untuk ribet bawa ini itu, jadi untuk yang sependapat aku saranin untuk membawa 1 tas ransel besar/carrier (ukuran cabin pesawat, so nggak perlu urus bagasi) dan 1 ransel kecil untuk dibawa kemana-mana (untuk menyimpan dompet, handphone, kamera, dan barang penting lainnya). Sebenarnya bawa koper juga sah-sah saja, tapi ribet kan harus bawa koper naik kapal turun kapal nanti. Satu ransel besar cukup kok untuk membawa pakaian selama empat hari dan juga kebutuhan lainnya, satu ransel kecil untuk barang-barang penting yang nggak mau ditinggal di kapal saat sailing nanti. Jadi tinggal gendong tas yang besar, dan tas yang lebih kecil bisa digendong di bagian depan. Nempel di badan semua, lebih gampang untuk pindah-pindah, dan nggak ribet!



2. Pakaian dan Aksesoris

Bawa baju berapa? bawa baju renang berapa? Kayaknya ini pertanyaan mainstream yaa.. Tiap pergi nginep kemana pasti deh bingung bawa baju berapa. Saran aku untuk pakaian, lebih baik pelajari juga jadwal tripnya. Dari hari pertama di kapal, hingga hari terakhir kita ke pulau apa saja. Karena tempat juga menunjukkan baju yang akan kita gunakan. Dari pengalaman aku, kita mesti bawa baju yang bahannya menyerap keringat, karena cuaca yang cukup panas dan kita akan banyak berkeringat, biar nyaman aja sih. Yang paling rekomen adalah menggunakan celana bahan katun dan baju basic/tangtop yang simpel terus tinggal bawa outer katun yang lucu-lucu. Saranku bawa 3 deh, aku nyesel cuma bawa satu soalnya hahahaha.. (ini juga biar fotonya kelihatan bagus dan ngelindungin punggung supaya tidak terbakar). Baju renang/bikini bawa tiga cukup atau bisa digunakan untuk pengganti top underwear. Karena pada dasarnya di setiap spot bisa berenang, jadi abis tracking kalo mau nyemplung tinggal buka aja luaran basic & outernya, bikini udah siap! Hahaha.. And the most important thing: kacamata dan topi! Matahari terik banget disana, nggak mau kan muka kebakar dan perih saat pulang nanti? Bawa satu cukup kok, kalau mau bawa lebih boleh tapi inget bawaannya jangan malahan bikin kita ribet nantinya.

Kalau ditanya perlu bawa jaket nggak? Siang hari memang cuaca terik dan panas, tapi cuaca kita nggak pernah tahu. Saat perjalananku contohnya, hari pertama sempat mendung tebal dan hujan angin, lalu saat perjalanan dari Pulau Komodo juga sempat berangin dan bergelombang. Jaket sih ngga perlu, tapi kalau mau bawa baju hangat disarankan sweater yang tipis atau syal hangat sudah cukup kok.

Bawa sepatu nggak? Dari pengalamanku sangat tidak dianjurkan menggunakan sepatu, lebih baik membawa sandal gunung dan sandal jempit untuk sehari-hari di kapal. Kenapa? Setiap kapal berlabuh, terkadang kapal tidak sampai sisi pantai. Kita harus turun menggunakan tangga di sisi laut atau menggunakan perahu kecil. Terkadang alas kaki jadi basah, kalau pakai sepatu, sepatu akan basah dan lembab dan harus dikeringkan lagi kan sama kaos kakinya. Nanti malah jadi bau hihihi Lebih baik pake sandal gunung deh, pake tracking enak di pantai juga nggak masalah. Waktu santai-santai di kapal pakai sandal jepit paling the best.

Ini nih sandal gunung, topi & one and only outerku hahahaha


3. Kamera atau Alat Dokumentasi

Pengen kan kalau liburanmu lebih berkesan dengan mengabadikan lewat foto? Percaya deh disana setiap sisinya sangat indah! Jadi bawa deh semua perlengkapan dari kamera model apapun yang mau dibawa, gopro, atau drone sekalian hehehe

4. Sunblock atau Sunscreen

Sebenarnya bukan menghindari kulit hitam atau berubah menjadi lebih gelap. Karena kita tahu Sailing Komodo kita akan berada di tengah laut selama 3 hari 2 malam, setiap spot yang didatangi pun kebayang gimana panasnya. Kalau mau nggak hitam, mending nggak usah pergi hahahaha. Sunscreen harus kita pakai agar kulit tidak terbakar. Saran aku mending bawa yang berkualitas walaupun harganya lebih mahal dan SPF lebih kecil. Aku pakai banana boat SPF 100 di badan namun masih saja kulit terbakar dan perih saat pulang. Untuk muka, temen aku bawa Bioderma SPF 50 dan aku pakai itu. Harganya lebih mahal, tapi untunglah kulit mukaku terselamatkan hahaha.. Aloe vera gel juga mestinya dibawa, karena sehabis sunburn badan memang suhunya jadi panas sekali, lebih baik bawa deh sebotol bisa bagi-bagi.

5. Minyak Angin dan Obat-obatan

Biar liburanmu nggak berubah jadi suram karena kamu sakit mendingan bawa deh obat-obat pencegahnya. Fresh care/minyak telon/dan teman-temannya wajib! Hansaplas juga bawa aja untuk jaga-jaga. Pengalamanku kemarin kaki sempat tergores waktu snorkeling dan berdarah, untung deh aku bawa hansaplas. Beli aja yang waterproof. Tolak angin juga mesti deh di bawa atau suplemen juga boleh. Lebih baik mencegah kan :)

Sekian tulisan tentang benda-benda yang harus dibawa/diperhatikan saat ikut Sailing Komodo, semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Love,

Yunita S.

Artikel terkait: http://yunitasuijantari.blogspot.co.id/2017/04/4-hari-di-tanah-flores-maret-2017.html






No comments:

Post a Comment